Cara ampuh menghilangkan Karat Stainless steel

Cara ampuh menghilangkan Karat Stainless steel. Memiliki peralatan dapur yang terbuat dari bahan stainless steel memang terlihat mewah, namun dibalik kemewahan itu, anda membutuhkan perhatian khusus untuk perawatan stainless steel tersebut agar tidak kusam dan berkarat. jika peralatan dapur berkarat, yang notabene berhubungan dengan makanan tentu akan berbahaya untuk kesehatan yang memakainya. Lalu bagaimana jika peralatan dapur yang berupa stainless steel anda sudah terlanjur karatan, apa yang harus anda lakukan?

Pembersih karat stainless steel

Pertanyaan di atas sangat banyak kami terima, dengan cara apa membersihkan karat stainless steel, apakah ada Pembersih Karat Stainless steel yang aman untuk makanan? dan macam-macam pertanyaan lainnya. Karen itu artikel ini kami coba sajikan yang mungkin akan memberikan anda solusi untuk peralatan dapur yang terkena karat.

Berikut ini beberapa cara mudah membersihkan karat stainless steel tanpa kimia :

- CukaCuka ini memang merupakan bahan serba guna, selain sebagai penyedap makanan, ternyata cuka juga berkhasiat untuk membersihkan berbagai macam bahan peralatan masak dan peralatan makan lho. Untuk membersihkan karat stainless steel caranya cukup mudah, yaitu dengan menuangkan cuka pada peralatan stainless steel yang berkarat, lalu gosok hingga karat memudar. Jika noda masih membandel, sebaiknya rendam dulu peralatan masak dengan air cuka, diamkan beberapa saat agar cairan cuka meresap, kemudian baru digosok menggunakan sabun ketika noda mulai mengelupas. Sangat mudah dan sangat aman tentunya, karena bahan kimia.

- Air lemon dan baking sodaCara membersihkan karat stainless steel dengan menggunakan bahan dasar air lemon dan baking soda adalah sebagai berikut : Dengan perbandingan 1 : 1, misal 2 sdt air jeruk lemon dan 2 sdt soda kue, buatlah pasta dari campuran air jeruk lemon dan soda kue, kemudian oleskan pasta pada bagian yang berkarat, diamkan selama 15-30 menit, setelah itu gosok menggunakan spons. Saat peralatan stainless steel berkarat karena masakan yang gosong, lebih baik langsung rendam menggunakan air dan bersihkan menggunakan air lemon dan soda kue agar tidak terburu kering dan sulit dihilangkan.

- Cream of tartar
Sebenarnya cream ini adalah bahan untuk membuat kue, namun dengan dicampurkan dengan sedikit air tenyata sangat ampuh untuk menghilangkan karat pada stainless steel, hanya dengan mencampur dengan sedikit air lalu cream ini oleskan pada bagian yang berkarat dengan menggunakan spons, lalu digosok, maka karat pada stainless steel akan hilang dengan mudah, akan lebih ampuh jika ditambah dengan larutan hidrogen peroksida saat membersihkan noda karat.

- Pembersih noda lemakSatu lagi mungkin yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan karat atau gosong pada stainless steel, yaitu dengan mengganti sabun cuci piring menggunakan produk khusus pembersih lemak untuk oven. Caranya, oleskan pembersih pada karat, kemudian diamkan selama 5 menit agar residu karat yang menumpuk segera hancur. Setelah itu, gosok perlahan dan bilas menggunakan air hangat.

Demikianlah beberapa cara mudah memberihkan karat stainless steel pada peralatan masak dan makan di rumah anda, sangat mudah dan aman tentunya. Semoga tips sederhana ini bisa memberi manfaat untuk anda. Namun jika langkah-langkah diatas belum membuahkan hasil sebaiknya anda cari produk Pembersih Karat Stainless steel yang sudah banyak beredar di pasaran, tentu saja anda harus pilih yang aman untuk alat - alat masak dan makan.